Inilah Perbandingan Lengkap Suzuki New Ertiga vs Grand New Avanza

December 20, 2015 67 Comments


Toyota Grand New Avanza vs Suzuki New Ertiga

CaruserMagz.com - Hai sobat CarUser, apakah sobat masih bimbang akan membeli Toyota Grand New Avanza atau Suzuki New Ertiga? Semoga perbandingan Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga yang cukup panjang ini membantu sobat. Persaingan di kelas low MPV ini kini makin sengit. Beruntungnya, sebagai konsumen sekarang kita punya banyak pilihan dengan spesifikasi, fitur dan teknologi yang makin memanjakan pengguna mobil (CarUser).

Kesuksesan Toyota Avanza ternyata cukup menggiurkan bagi produsen mobil yang lainnya. Kemunculan Suzuki Ertiga pada tahun 2012 memberi pilihan lain bagi konsumen otomotif Indonesia untuk tampil beda. Suzuki Ertiga mendapat sambutan luar biasa, walau belum bisa mengalahkan penjualan Avanza, namun dengan cepat menggungguli penjualan Xenia yang merupakan saudara kembar Avanza.

Konsumen low MPV yang tidak memilih Avanza, yang mungkin juga salah satunya adalah sobat CarUser, pada umumnya ingin tampil beda dan keluar dari zona main-stream yang telah menjadi domain kembar Avanza dan Xenia, khususnya konsumen yang membutuhkan mobil keluarga yang tidak hanya fungsional namun juga memberi rasa nyaman, cita rasa interior yang lebih mewah dan fitur kekinian yang lebih beragam.

Untuk kembali mengokohkan keunggulannya, Toyota melakukan facelift pada Avanza di tahun 2015. Secara kasat mata facelift ini hanya merubah wajah Avanza dengan grill yang lebih lebar dan tambahan pada aksesoris lampu dan chrom di bagian belakang. Secara dimensi dan bentuk keseluruhan tidak ada perbedaan signifikan dengan All New Avanza 2012-2014.

Namun yang perlu sobat ketahui, ada perbaikan yang tidak kasat mata dilakukan Toyota pada Avanza, yaitu penambahan fitur-fitur yang telah lebih dulu tersemat di kompetitornya. Lebih jelas sobat dapat menyimak perbandingan Toyota Grand New Avanza dan Suzuki New Ertiga sebagai berikut:

Dimensi



Dimensi
UoM
Grand N. Avanza
New Ertiga
Panjang / Length
Meter
4.19
4.265
Lebar / Width
Meter
1.66
1.695
Tinggi / Height
Meter
1.695
1.685
Jarak Poros Roda / Wheelbase
Meter
2.655
2.74
Jarak Pijak Depan / Front Tread
Meter
1.425
1.48
Jarak Pijak Belakang / Rear Tread
Meter
1.435
1.49
Jarak Terendah/Ground Clearance
cm
200
185
Radius Putar / Turning Radius
Meter
4.7
5.2

Berdasarkan perbedaan dimensi tersebut, dapat dibandingkan dengan lebih detail sebagai berikut:

Keluasan Kabin


Dari perbandingan dimensi ini, dapat dengan jelas kita ketahui bahwa Suzuki New Ertiga lebih panjang dan lebih lebar dari Grand New Avanza. Ini tentunya akan membuat ruang kabin Ertiga secara keseluruhan lebih luas.

Secara detail ruang kabin per baris, ditentukan pula oleh jarak antar poros ban. Jarak poros ban New Ertiga yang lebih panjang dari Avanza, memungkinkan pintu dan ruang kabin baris ke dua lebih panjang. Sehingga ruang kabin baris kedua bisa sangat lega. Tapi konsekuensinya, apabila baris kedua dimaksimalkan, ruang kabin baris ke-tiga menjadi lebih sempit.

Radius Putar


Jarak antar poros ban akan sangat berpengaruh pada radius putar mobil saat harus berbalik arah, contohnya saat melewati U-turn. Makin besar radius putar, artinya makin sulit bagi mobil untuk berbalik arah.  Maka dalam hal ini, Grand New Avanza tentunya unggul, karena mempunyai radius putar yang lebih kecil.

Ground Clearance


Ground Clearance mempunyai efek positif dan negatif sesuai keadaan jalan dan cara sobat mengemudi. Khususnya di Indonesia, ground clearance lebih identik dengan kemampuan mobil melahap jalanan dengan kontur tidak rata, karena memang demikian kondisi jalan di Negara kita.
Sehingga untuk urusan yang satu ini, Toyota Avanza tidak terkalahkan, karena bisa menempuh jalan dengan kondisi beragam. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Avanza banyak digunakan sebagai mobil rental dan mobil operasional perusahaan. Namun efek negatifnya, ground clearance yang tinggi memberikan efek limbung dan body roll.

Pada dasarnya, ground clearance Suzuki Ertiga hanya lebih rendah 1.5 cm dibanding Avanza. Coba kita bandingkan dengan mobil-mobil sedan atau hatchback yang jauh lebih rendah, hingga hanya 14 sampai 16 cm saja. Namun mobil-mobil tersebut tidak sering dikeluhkan penggunanya terkait ground clearance. Artinya memang Avanza unggul dalam hal ini, namun itu bukan berarti Ertiga tidak mampu mengatasi kondisi umum jalan-jalan di Indonesia, baik di kota-kota besar maupun di daerah.


Varian dan Harga


Berikut varian beserta harga on road di DKI Jakarta:

Varian
Grand N. Avanza
New Ertiga
Type
Harga (jt)
Type
Harga (jt)
Termurah
1.3 E M/T
180.6
GA M/T
179.0

1.3 E A/T
191.8
-
-
Menengah
1.3 G M/T
198.7
GL M/T
195.5

1.3 G A/T
209.4
GL A/T
208.0
Tertinggi
1.5 G M/T
211.0
GX M/T
203.9

Veloz 1.3 M/T
204.2
GX A/T
216.5

Veloz 1.3 A/T
216.0


Mewah
Veloz 1.5 A/T
215.1



Veloz 1.5 A/T
226.9



Dari daftar varian mobil tersebut, dapat kita lihat bahwa Avanza mempunyai varian yang lebih banyak. Sedangkan harga adalah faktor yang paling penting menjadi pertimbangan pembeli mobil. Sehingga siapa yang mampu menjual lebih murah dengan bentuk yang tidak begitu berbeda dengan tipe termahal, tentunya itulah yang akan banyak dilirik oleh konsumen.

Maka dari segi varian, menurut kami Avanza memenangkan persaingan ini. Namun dari sisi harga, untuk level tipe yang sama, harga New Ertiga lebih terjangkau dari Avanza.

Mesin dan Sistem Penggerak


Suzuki New Ertiga menggunakan mesin berkapasitas 1,4L. Sedangkan Toyota Grand New Avanza mempunyai variasi mesin 1.3 dan 1.5L sesuai pilihan variannya. Berikut detail perbandingan mesin tersebut:

Spesifikasi Mesin
Grand New Avanza
New Ertiga
Jenis Mesin
DOHC, Dual VVT-i
K14 (DOHC – VVT)
Sistem Penggerak
Roda Belakang (RWD)
Roda Depan (FWD)
Isi Silinder
1,329 cc
1,496 cc
1,373 cc
Jumlah Silinder
4
4
Jumlah katup
16
16
Daya Maksimum
95.5 DK / 6000 RPM
104DK/ 6000 RPM
95 DK / 6000 RPM
Torsi Maksimum
12.3 / 4200 RPM
13.9 / 4200 RPM
13 / 4000 RPM
Kapasitas Tanki
45 L
45 L
Konsumsi
Hingga 15 km/L
Hingga 18 km/L

Banyaknya pilihan mesin pada Toyota Avanza tidaklah seketika demikian dari awalnya. Cobalah sobat baca sejarah perubahan Avanza sejak awal hingga tahun2015. Hal tersebut telah melalui proses dan penelitian yang berkesinambungan oleh Toyota, sehingga mereka mengetahui kebutuhan dan ekspektasi pengguna Avanza dari waktu ke waktu.

Suzuki Ertiga tentunya memerlukan waktu yang lama untuk bisa menyamai Toyota Avanza dalam memperbanyak varian dan jenis mesin. Karena adalah konyol memproduksi begitu banyak varian mesin namun ternyata tidak laku di pasar. Pengembangan varian mesin ini telah dilakukan Suzuki terhadap Ertiga dengan mengeluarkan varian bermesin diesel di India.

Maka Toyota Avanza kembali unggul dalam hal variasi mesin. Karena memang Avanza sudah lebih lama merajai pasar low MPV, sedangkan teknologi MPV berpenggerak roda depan memang masih cukup baru dan masih membutuhkan waktu untuk pengembangan dan perbaikan.

Dalam hal konsumsi BBM, meskipun New Ertiga bermesin 1.4L, tetap lebih irit dibanding Grand New Avanza bermesin 1.3L. karena effisiensi mesin berpenggerak roda depan lebih baik dari pada penggerak roda belakang.


Eksterior


Berbicara tentang design interior, tentunya ini adalah mengenai selera masing-masing orang. Tentunya sebelum mengeluarkan suatu produk, pabrikan mobil-mobil ternama tersebut sudah melakukan penelitian yang panjang, bahkan bertahun-tahun. Mereka akan memetakan selera kebanyakan orang dimana mobil tersebut akan dijual dan selanjutnya mengakomodir keinginan yang paling banyak diharapkan pada suatu mobil.

Sobat CarUser dan kami bisa saja sangat berbeda dalam menilai tampilan eksterior, karena ini bersifat subjektif. Dalam review perbandingan ini, kami akan berusaha menampilkan pendapat-pendapat yang kami dengar baik dari dunia online maupun offline.

Dari obrolan dengan pengguna mobil yang kurang melek informasi dari internet, banyak kami temukan mereka berpendapat bahwa tampilan eksterior Avanza lebih mereka sukai dari Ertiga. Tapi mungkin ini juga karena faktor kurangnya informasi dan keunggulan jaringan penjualan Toyota, sehingga populasi Ertiga lebih jarang terlihat di jalanan dibandingkan Avanza.

Namun lain halnya dari dunia maya, seperti youtube dan komunitas otomotif, kebanyakan mereka lebih menyukai bentuk Ertiga, karena dianggap lebih elegan dan lebih berasa mobil mewah. Ini mungkin karena faktor rasa bosan terhadap bentuk Avanza yang sudah menjadi main-stream. Walau ada juga yang berpendapat Ertiga terlalu biasa-biasa saja.

Apabila sobat bertanya bagaimana pendapat kami sendiri? Maka pendapat kami kedua mobil, ini design eksteriornya biasa-biasa saja. Tidak ada yang istimewa. Namun design Ertiga yang lebih panjang dan aerodinamis menurut kami cukup manis dibanding facelift pada Grand New Avanza yang seolah-olah dipaksakan meniru Honda HRV. Hingga Avanza seperti kehilangan jati diri Toyota-nya.


Interior


Tampilan interior, ini juga sama dengan eksterior, tergantung selera masing-masing orang. Namun apabila dilihat dari kualitas bahan dan design dari dashboard, ketebalan kursi, design doortrim dan warna keseluruhan interior, Suzuki Ertiga dapat dikatakan jauh mengungguli Toyota Grand New Avanza.

Cobalah sobat masuk ke kabin Ertiga dan rasakan nuansa kemewan interiornya. Ketuklah bahan dashboardnya, rasakan empuknya kursinya, cobalah sensasi hand-rest pada kabin baris ke-dua. Akan terasa sangat berbeda dengan Avanza yang biasa-biasa saja.

Sedangkan pada Grand New Avanza, tidak ada perubahan signifikan pada bentuk interior dibandingkan versi sebelum facelift. Perubahan terlihat hanya pada display instrument di balik lingkar kemudi. bahkan ada yang cukup aneh pada head rest tengah baris ke-dua yang sedikit dipaksakan untuk dibuat, sehingga harus dibelah.

Maka dalam hal design interior, facelift yang dilakukan Toyota belum dapat mengalahkan citarasa kemewahan pada Suzuki New Ertiga. Pendapat ini juga diutarakan oleh banyak reviewer di Youtube.


Kenyamanan dan Kepraktisan


Kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin mobil sangat dipengaruhi banyak faktor, berikut ulasannya:

Kenyamanan Kursi


Tidak dapat dipungkiri bahwa kontur kursi Ertiga lebih lembut dan lebih tebal dibandingkan kursi Avanza. Selain itu, design sandaran kursi Ertiga lebih ergonomis. Sehingga duduk di kursi Ertiga memberikan rasa nyaman yang lebih.

Suspensi


Suspensi berperan sangat besar pada rasa nyaman penumpang dalam mobil. Kemampuan suspensi meredam getaran akibat kondisi jalan yang kurang rata, akan sangat berpengaruh pada kenyamanan.

Untuk hal ini, mungkin sobat sudah sangat kenal dengan bagaimana rasa di dalam kabin Avanza saat melalui jalan yang tidak rata. Badan kita serasa diguncang-guncang dan hentakan yang membuat kita kurang merasa nyaman. Toyota sudah melakukan perbaikan pada suspensi Grand New Avanza, namun belum mampu mengalahkan kenyamanan suspensi New Ertiga.

Sedangkan pada Ertiga, suspensinya dapat dikatakan sebagai yang terbaik di kelasnya. Bahkan kelembutan suspensi Ertiga lebih layak dibandingkan dengan kelas di atasnya seperti Toyota Innova.


Pengendalian


Pada umumnya suspensi yang lembut akan berakibat pada kelimbungan dan efek body roll yang tinggi khususnya saat melahap tikungan. Namun hal tersebut tidak begitu berpengaruh pada Ertiga. Dibandingkan dengan Avanza, pengendalian Ertiga lebih nikmat. Mungkin ini juga dipengaruhi oleh dimensi dan ground clearance Avanza yang lebih tinggi dari Ertiga.

Kekedapan


Toyota mengklaim bahwa kekedapan Grand New Avanza lebih baik, yaitu 19% lebih senyap dibandingkan sebelum facelift. Namun apakah hal itu sudah dapat mengungguli kekedapan New Ertiga? Kekedapan bukan hanya tentang meredam suara dari lingkungan di luar mobil, namun juga dipengaruhi oleh kemampuan peredam dalam mereduksi suara raungan mesin agar tidak masuk ke kabin.

Tidak berlebihan rasanya jika kita katakan bahwa kekedapan kabin New Ertiga masih unggul dibanding Grand New Avanza.

Kepraktisan


Kepraktisan suatu mobil adalah kemudahan-kumudahan yang disediakan fasilitas interior. Seperti ketersediaan ruang penyimpanan yang cukup, tempat menaruh botol air minum yang lengkap, fasilitas yang menunjang kenyamanan pengemudi seperti pengaturan kursi dan lingkar kemudi dan kemudahan akses keluar masuk penumpang.

Avanza telah melakukan perbaikan pada aspek ini, yaitu dengan merubah design kursi belakang yang bisa dilipat hanya sebelah, kepraktisan pelipatan kursi baris ke-dua untuk memudahkan akses ke baris ke-tiga dan kemudahan pelipatan kursi baris ke-tiga untuk memaksimalkan ruang bagasi.

Kedua low MPV ini mempunyai kepraktisan yang memadai dan sangat mencukupi untuk kebutuhan keluarga. Namun jika harus ada yang unggul, maka Grand New Avanza lebih baik dari New Ertiga. Karena memiliki ruang bagasi yang lebih luas, akses ke baris ke-tiga yang lebih mudah, ruang penyimpanan dan cupholder di doortrim yang lebih banyak.



Fitur


Fitur merupakan aspek persaingan terpenting dalam rivalitas kedua MPV ini. Ertiga menjadikan fitur sebagai nilai jual andalan. Inilah aspek yang cukup berhasil mendongkrak penjualan Ertiga hingga pada tahun 2013 sukses menggeser tahta kedua yang lama dipegang Daihatsu Xenia.

Sebelum dilakukannya facelift menjadi Grand New Avanza, low MPV andalan Toyota ini sangat ketinggalan dari Ertiga. Nuansa minim fitur masih dipertahankan oleh Toyota hingga pertengahan tahun 2015. walau sebenarnya konsumen otomotif Indonesia sudah disuguhi fitur yang berlimpah dari produsen mobil lain, namun tidak ada yang sekuat Ertiga pengaruhnya terhadap penjualan duet kembar Avanza-Xenia.

Toyota melakukan penambahan fitur pada Avanza hingga mampu mensejajarkannya dengan fitur-fitur pada Ertiga, seperti:
Penambahan fitur keselamatan seperti Side Impact Beam pada setiap pintu dan penambahan teknologi rem ABS (anti penguncian pada roda saat pengereman mendadak).
Penambahan fitur keamanan yaitu kunci immobilizer, sehingga mobil ini sulit dicuri.
Perbaikan pada display instrument di balik lingkar kemudi, sehingga lebih nampak futuristic.
Penambahan system eco driving, untuk menghemat bahan bakar.

Sedangkan pada New Ertiga, tidak banyak penambahan fitur yang dilakukan oleh Suzuki. Penambahan tersebut hanya pada dual airbags untuk semua tipe, penambahan box pada console tengah, perubahan pada control kaca. Suzuki malah melakukan penyunatan fitur audio twetter dan rem ABS pada New Ertiga type GX. Informasi yang kami dapatkan, bahwa hal tersebut adalah strategi marketing untuk tipe baru yang belum dikeluarkan Suzuki. Varian terbaru tersebut disebut akan menjadi varian termewah dan dilengkapi fitur ABS+EBD.

Sangat disayangkan ketika Toyota menambahkan fitur ABS pada Avanza, Suzuki malah menghilangkannya. Secara keseluruhan, fitur Suzuki Ertiga yang berlimpah sudah dimiliki juga oleh Grand New Avanza. Bahkan dengan berkurangnya fitur rem ABS pada Ertiga, membuat Avanza lebih unggul.


Ketangguhan


Banyak yang meragukan ketangguhan Ertiga, karena teknologi penggerak roda depan (FWD). Juga karena ground clearance yang lebih rendah. Namun sampai selama tiga tahun berada di Indonesia, keluhan pengguna Ertiga terkait masalah kaki-kaki yang rentan, permasalahan loyonya Ertiga melahap tanjakan, dan lain-lain tidak banyak ditemukan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Kelemahan-kelemahan tersebut kebanyakan diekspos hanya pada review-review atau perbandingan yang bersifat subjektif dan cukup sadistik yang dilakukan para sales kompetitornya. Begitupun sebaliknya, banyak juga review yang sangat memojokkan Avanza. Perdebatan sengit selalu mengihiasi berita-berita yang menyandingkan kedua mobil ini.

Mungkin benar Toyota Avanza lebih unggul dari Ertiga, karena waktu yang lama menunjukkan keterujian Avanza. Namun bukan berarti Ertiga tidak memiliki ketangguhan karena memang usianya belum selama Avanza. Dari ulasan di atas, memang belum aple to aple untuk dibandingkan. Avanza sudah teruji itu benar, namun Ertiga dikatakan tidak tangguh, itu juga belum terbukti.


Jaringan Dealer dan Servis


Jaringan service yang selalu terafiliasi dengan dealer penjualan, sangat menentukan kepuasan pengguna mobil. Dan tentunya Dealer adalah sales fasif yang sangat efektif dalam mendapatkan pembeli mobil. Banyak orang yang membeli mobil karena ketersediaan dealer dan bengkel resmi di daerahnya.

Maka untuk urusan yang satu ini, Toyota masih terlalu seperti raksasa bagi Suzuki untuk dikalahkan. Butuh waktu yang panjang dan penjualan unit kendaraan yang banyak setiap tahunnya untuk membangun jaringan seluas Toyota.


KESIMPULAN


Kesimpulan dari ulasan yang panjang di atas, kami sajikan dalam table berikut:
Varian
New Ertiga
Grand New Avanza
Dimensi
✓ ✯✯✯✯
✯✯✯
Varian & Harga
✯✯✯
✓ ✯✯✯✯
Mesin & Transmisi
✯✯✯
✓ ✯✯✯✯
Eksterior
✓ ✯✯✯
✯✯
Interior
✓ ✯✯✯✯✯
✯✯✯
Kenyamanan
✓ ✯✯✯✯✯
✯✯✯
Fitur
✯✯✯✯
✓ ✯✯✯✯
Ketangguhan / Durability
✯✯✯
✓ ✯✯✯✯
Jaringan Service
✯✯✯
✓ ✯✯✯✯✯

Dari hasil perbandingan ini, secara keseluruhan Suzuki New Ertiga unggul dari Toyota Grand New Avanza, terutama karena faktor Interior dan kenyamanan berkendara yang kami nilai outstanding. Namun demikian, Facelift pada Grand New Avanza telah berhasil mengimbangi keunggulan fitur Ertiga. Sehingga untuk saat ini, masih cukup berat bagi Ertiga untuk mendekati kedikdayaan Toyota Avanza.

Pendapat masyarakat umum yang kami jumpai secara offline, banyak yang mengatakan bahwa mereka masih lebih percaya pada produk yang telah lama teruji, yaitu Avanza. Terutama untuk masalah durabilitas dan daya jelajah Avanza dengan ground clearance yang lebih tinggi.

Demikian Perbandingan ini, semoga membantu sobat yang sedang mencari informasi lengkap mengenai komparasi antara Grand New Avanza vs Suzuki New Ertiga. Selamat memilih kendaraan baru, semoga mendapatkan yang sesuai dengan ekspektasi sobat.

Perbandingan ini adalah berdasarkan analisa dan pendapat kami pribadi, kami tidak terafiliasi atau dibayar oleh salah satu merk mobil tersebut. Pendapat kami boleh saja berbeda dengan pendapat sobat. Jika ada yang kurang lengkap atau menurut sobat perlu dikritisi atau diperjelas, silahkan berikan komentar dengan tetap santun.

Salam Otomotif!

Claiming himself a 'car enthusiast', he started this blog by the end of 2015 as a blend of his passion to the automotive world and the excitement of writing that he just found a hobby.

67 komentar

Write komentar
marisa queen
AUTHOR
9/1/16 delete

setuju om. emang lebih keren ertiga kayanya. tapi kalo ada yang mau ngasi gue apanja gratis, gpp lah.. gue ikhlas... gkgkgk.. ;)

Reply
avatar
warsito
AUTHOR
9/1/16 delete

as masak, cuba di adu nanjak sama kebut2an. ku pikir avanza masih menang mas.

Reply
avatar
Abdillah Azam
AUTHOR
9/1/16 delete

jiaaaah.. muke gratisan.. gw juga mau donk kalo menang lotre dapet avanza.

Reply
avatar
Abdillah Azam
AUTHOR
9/1/16 delete

jangan aja di adu tabrakan pak. mahal.. kasih ke saya saja mobilnya.

Reply
avatar
Riva
AUTHOR
18/1/16 delete

mantap om ulasannnya..vote ertiga dah :D

Reply
avatar
Abdillah Azam
AUTHOR
10/2/16 delete

Terimakasih atas komentar dan kunjungannya Mas Riva. Salam kenal!

Reply
avatar
Jimmy Wijaya
AUTHOR
17/4/16 delete

Saya pernah punya artiga 2014 type GX matic kemudian sy jual ganti avanza 1.5 2016..set3lah pemakaian beberapa bulan menurut sy pribadi emang artiga lebih nyaman dipakai..

Reply
avatar
18/4/16 delete

ya.. suspensi dan kenyamanan interior, memang ertiga lebih OK. kami setuju dengan pak jimmy.

Reply
avatar
Farid.Yms
AUTHOR
30/4/16 delete

ya saya pribadi pilih ertiga,karena mobil saya ertiga nyaman sekali,saudara saya malah sekarang beli ertiga,hehe

Reply
avatar
lusya ariani
AUTHOR
5/5/16 delete

dr segi kenyamanan berkendara dan kemewahan interiornya ertiga jago nya...

Reply
avatar
17/5/16 delete

kami setuju dengan Mbak Lusya Ariani, secara teknis jelas Ertiga lebih unggul dalam hal kualitas interior, kenyamanan kursinya, posisi mengemudi, dan citarasa kemewahan..

Reply
avatar
17/5/16 delete

selamat atas mobil ertiganya mas.. semoga memberi kepuasan dan kenyamanan yang diharapkan.. terimakasih komentarnya Mas Farid.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
17/5/16 delete

Klo liat dr beberapa pendapat teman2 diatas kayanya saya dan istri bulet tuk beli ertiga degh, tapi ada 1 pertanyaan yg masih mengganjal seberapa pentingnya faktor pengereman menggunakan abs? Thanks

Reply
avatar
18/5/16 delete

hmmm.. jika sobat pernah merasakan harus mengerem mendadak pada kecepatan cukup tinggi, kemudian ban menjadi terkunci dan mengeluarkan bunyi keras kaya di film2.. sampe bannya bikin tato di aspal.. dan ban tidak mau belok walau di belokin.. mungkin sepenting keselamatan jiwa kita saat kondisi emergensi.. sama kaya airbags.. berfungsi hanya pada kondisi darurat.. jika yakin kita tidak akan kebut2an, mungkin ABS tidak begitu diperlukan. tpi kalo jalan 40km/jam di tol, rasanya bakal dimarahin pengemudi yang lain.. hehe..

Reply
avatar
Rifan Julian
AUTHOR
19/5/16 delete

KALAU SAYA LEBIH SUKA AVANZA OM,KALAU KELUAR KOTA LEWAT TANJAKAN JALAN BERLUBANG BABLAS, HARGA JUALNYA JUGA LEBIH TINGGI..

Reply
avatar
19/5/16 delete

tergantung preferensi dan selera masing-masing.. tapi sayang juga kalo mobil low MPV apapun merknya, sengaja dihajar lewatin jalan berlubang. karena LMPV tentunya tidak setangguh SUV kaki-kaki dan bodynya.

Reply
avatar
Abu Maryam
AUTHOR
22/5/16 delete

Sy se7. Nyaman dan ngebut itu pilihan. Tp tanjakan itu pasti.

Reply
avatar
dr. Octa
AUTHOR
29/5/16 delete

Kalau boleh tanya, seberapa besar perbedaan biaya spare part dan perawatan tahunan avanza 1300cc dengan ertiga? Misalkan tipe G dan GL yg harganya mirip. Terimakasih

Reply
avatar
29/5/16 delete

Sebaiknya ditanyakan langsung ke dealer resmi pak dokter. atau bisa juga cari informasi di website resmi mobil2 tersebut.

Reply
avatar
roy wijaya
AUTHOR
21/6/16 delete

Mampir lihat ertiga beserta promonya
ertiga semarang

harga suzuki semarang

suzuki futura semarang
swift semarang
terima kasih atas supportnya mas

Reply
avatar
noval achmad
AUTHOR
14/7/16 delete

Sy baca ulasannya, ko lebih menangin ertiga yah. Sy udah coba 22 nya.gnavanza 1.3 veloz n r3dreza tapi ko enak grand new avanza veloz 1.3 yah mnrt saya. Kalo dr tampilan sy lebih suka r3dreza (subyektif),kualitas material interior n bbm lebih baik sedikit lah r3.yg laen masih lbh baik gnavanza V 1.3. Sy user demen nyoba2in mobil hehehe

Reply
avatar
sapi sapi
AUTHOR
15/7/16 delete

vote ertiga lah...

Reply
avatar
HELMAN
AUTHOR
17/7/16 delete

INI MAH PROMO ERTIGA AVANZA DI PUJI UJUNGNYA DI BANTING..HAHAHA...BUKTINYA AVANZA XENIA SDH MULAI NAIK PASARNYA,JGN BANYAK COMEL DEH KL PROFESIONAL YAH SUZUKI INNOVASI DONG JGN HANYA NGEMENG.SAYA PUNYA ERTIGA DAN AVANZA JG XENIA.BAGUS KO,MALAH JARAK JAUH ENAKKAN AVANZA/XENIA.DAN ERTIGA INTERIORNYA MANTAP.KEPUASAN PELAYANAN SUZUKI MENURUT SAYA JAUH DI BAWAH TOYOTA /DAIHATSU. KL JUAL PRODUK JGN HANYA SEBATAS JUAL TAPI SERVICE AFTER SALES NYA .

Reply
avatar
2/8/16 delete

Sy merasakan sendiri kenyamanan ertiga jauh diatas avanza...

Reply
avatar
2/8/16 delete

Kenyamanan ertiga memang diatas avanza....

Reply
avatar
2/8/16 delete

Setuju sekali...

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
3/8/16 delete

semua sama sama unggul. tergantung kemampuan uangnya.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
3/8/16 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar
Muji Pratama
AUTHOR
1/9/16 delete

Bagi sy yg penting nyaman, irit, kemewahan dan keamanan yg lebih diutamakan. apalagi kendaraan untuk keluarga tercinta. itu semua bisa kita dapati di Mobil............... (Tahukan maksud saya). hehehe.

Reply
avatar
Muji Pratama
AUTHOR
1/9/16 delete

Ertiga sekarang sudah gunakan abs kembali tp bukan Asal Bisa Stop yeee. hahaha

Reply
avatar
Muji Pratama
AUTHOR
1/9/16 delete

Harga menurut sy, gak jauh2 beda lah. tipis bedanya. so jgn bandingkan masalah harga dr keuangan. kecuali anda mau bandingkan dengan Innova apalagi Alphard. wkwkwkwkwk@

Reply
avatar
1/9/16 delete

syukurlah.. apakah termasuk juga EBD mas Muji? kalo Avanza kan ABS saja tanpa EBD.

Reply
avatar
Muji Pratama
AUTHOR
1/9/16 delete

Oohh Pastinya. sekarang type GX, Dreaza dan Dreza Gs varian terbaru sudah gunakan Elektronic Brake Force System (EBS) function. Bila ulasan anda tadi sudah di tambahkan dengan fitur ini, maka Ertiga jauh lebih unggul. mungkin ertiga cm hanya kalah nama besar perusahaan saja.

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
11/9/16 delete

Pengalaman saya pribadi ertiga jauh lbh unggul dibanding pesaingnya....dari semua faktor kenyamanan paling penting...

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
25/9/16 delete

Awal saya suka avanza dan ingin memilikinya karna saya pernah tes nyetir avanza enak... eh setelah nyobain ertiga ternyata masih ada langit di atas langit .. ternyata emang nyaman banget pake ertiga..
Ternyata betul kata orang orang ertiga memang mengerti kluarga.. saya pake erriga GX 2016 mantab banget.. gak nyesel pake ertiga.

Reply
avatar
Robby Wijaya
AUTHOR
10/10/16 delete

utk pembeli / penguna mobil pertama. disarankan ertiga / avanza drpd mobil rendah. karena jarak pandang kita lebih enak kl mobil lebih tinggi. mao beli mobil disarankan ke dealer lakukan test drive. anda akan rasakan mana yg bener bagi anda nyaman dikendalain

Reply
avatar
Agus Triyanto
AUTHOR
15/10/16 delete

Kalau menurutku mobil itu yg penting irit bbm,sperpat nya mudah di cari.dan yg penting lg harus 3 baris kursinya.
Ingat sama ortu/mertua dong.wkwkwk

Reply
avatar
joko subagio
AUTHOR
17/10/16 delete

Kl sy pilih r3,krna r3 singkatan nama dr anak sy rangga,radit,raisa(r3)kan emng pinter suzuki kasih nama r3..pas..wkwkwkw

Reply
avatar
Wiby
AUTHOR
2/11/16 delete

ertiga tampilan luarnya lebih kece interiornya juga menarik dengan kombinasi warna terang..

yang terpenting muat banyak jadi bisa ajak jalan keluarga besar

pokoknya gak nyesel beli ertiga :)

Reply
avatar
10/11/16 delete

Vote Ertiga Bang mantaps banget bisa nembus 160km/j lebih dan handling tetap nyaman

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
12/11/16 delete

kemampuan jalan untuk R3 pada saat AC nyala, memakan banyak konsumsi bahan bakar ga ya? tenaga mesin berkurang seberapa banyak?

Reply
avatar
Anto Aye
AUTHOR
1/12/16 delete

saya minta infonya kepada semuanya, klo masalah perawatan dan suku cadang masih mahal ertiga apa avanza ? Terima kasih

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3/12/16 delete

New Ertiga Gx yang keluaran Maret 2016 keatas ... sudah dilengkapi ABS dan EBD om
Cuma sayang nya tetep 1 .. fitur tweeter di audionya ndak ada .. tapi wlpun gak ada fitur itu ,audio New Ertiga sudah lebih mumpini ketimbang "si kembar"

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
5/12/16 delete

Yang tahu, mohon dibantu agan Anto ini yah..

Reply
avatar
Deni Wijaya
AUTHOR
7/12/16 delete

avanza kayak bebek mau bertelur kalau diajak ngebut..
saya perla terbalik gara2 bawa avanza baru lari 120km/jam....

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
7/12/16 delete

Haha.. mau ngebut jgn pake avanza broh.. pake lambo aventador, huracan atau laferrari dong..

Reply
avatar
11/12/16 delete

Sy pilih saat itu type GX 2013 setelah compare dgn Chev LTZ dan Avanza. Tdk salah pilih, karena R3 memang di buat untik nge beat keduanya...plus Nissan livina x yaa...karna saat itu dari sisi spec dgn harga lbh rendah sdh abs, dual air bag dll..yg kemudian avz jdi follower..just mu opinion

Reply
avatar
11/12/16 delete

Sy tadinya khawatir penilaian subyektif karna pakai sendiri dan merasa r3 better n.more comport. Tp setelah tanya bos ku yg punya bisnis sampingan jual beli mobil.memang benar bahwa r3 memang lbh baik...plong n lega rasanya....

Reply
avatar
Abdi negara
AUTHOR
5/1/17 delete

I like ertiga, comfortable and lux.

Reply
avatar
WIJI PRAYITNO
AUTHOR
8/1/17 delete

Trimakasih ulasanya mas....mungkin ini ulasan paling obyektif yg pernah saya baca tentang lmpv.

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
9/1/17 delete

Sama2.. mas wiji. Thanks apresiasinya..

Reply
avatar
10/1/17 delete

Siapa tau ada yang mau nambah Armada nih buat Suzuki ERTIGA nya nih para sedulur:

Ertiga GL MT:
DP 16.6 JT
+ 60 bln × 4.460.000 : 267.600.000jt
Total : 284.200.000jt

DP 16.6 JT
+ 48 bln × 4.953.000 : 237.744.000jt
Total : 254.344.000jt


Ertiga GL AT:
DP 19.1 JT
+ 60 bln × 4.701.000 :
282.060.000jt
Total : 301.160.000jt

DP 19.1 JT
+ 48 bln × 5.255.000 :
252.240.000jt
Total : 271.340.000jt


Ertiga GX MT:
DP 18.9 JT
+ 60 bln × 4.680.000 :
280.800.000jt
Total : 299.700.000jt

DP 18.9 JT
+ 48 bln × 5.231.000 :
251.088.000jt
Total : 269.988.000jt



Ertiga GX AT:
DP 21.4 JT
+ 60 bln × 4.950.000 :
297.000.000jt
Total : 318.400.000jt

DP 21.4 JT
+ 48 bln × 5.533.000 :
265.584.000jt
Total : 286.984.000jt

Siapa tau ada yang minat bisa kontak saya di 08158045568...IMT BINTARO...Suwun njeh...atau wa saya di 0882.1006.4253

Reply
avatar
Arif Wibowo
AUTHOR
7/2/17 delete

Lebih murah om biaya service suzuki

Reply
avatar
26/2/17 delete

Mas, ada ga perbedaan dinginnya di antara kabin avanza dan ertiga? Klo ada tolong di jawab mas.
Makasih.

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
26/2/17 delete

Kalo dingin tergantung AC nya mas/mbak.yang pasti varian dengan double blower akan lebih cepat dingin dibanding yg tanpa double blower. Saya belum pernah mengukur yang mana yg lebih cepat dingin. Mungkin pembaca lain yg punya kedua mobil ini bisa menjawwb pertanyaan mas/mbak gamer.

Reply
avatar
2/3/17 delete

Alhamdulillah, ini informasi yang sangat melegakan saya. Karena awal Maret 2017 ini, saya sedang proses beli Ertiga. Awalnya mobil saya Suzuki Katana tua tahun 1991. Saat lihat-lihat pameran di mal, saya 'dikejar' marketing Ertiga. Orangnya ulet dan mau jualkan mobil saya dengan harga 35 juta. Sehingga meski waktu itu saya tidak ada niat beli mobil, tiba-tiba berminat. Karena tanpa persiapan akhirnya saya menguras tabungan.Semoga saya tidak salah pilih ERtiga.

Reply
avatar
hikari
AUTHOR
3/3/17 delete

Bolak balik dari bali ke semarang,,hajar jogja wonosobo pp..manteb lah ertiga..kenyamanan saat berkendara..ngk goyang biarpun di hajar ama mobil gede hehe..tarikan ringan.susepnsi empuk,,senyap dah di dalem..

Reply
avatar
Victor Tobing
AUTHOR
6/3/17 delete

Almarhum komikus terkenal ....Asmaraman S.Koo Phing Ho pernah berujar dlm karyanya ; ...Jgn suka membanding2kan segala sesuatu dlm hidup ini,Krn itulah awal percekcokan...Debat kusir tanpa makna...Bagus dan baik buatmu BELUM TENTU bagiku....Apalagi sampai membandingkan milik yg paling pribadi ; rumah..Anak...Isteri...Jadi ??? Syukurilah apa yg ada padamu...Jgn bandingkan dgn yg lain.Salam !

Reply
avatar
Syahdi Zain
AUTHOR
28/3/17 delete

Kalo menurut kami lebih cocok untuk keluarga adalah GRAND NEW AVANZA VELOZ 1.5 thn 2015

Reply
avatar
26/4/17 delete

Tp ertiga gl blm ada rem abs nya ya ?

Reply
avatar
18/5/17 delete

Segera Miliki Mobil Toyota Impian anda dengan Penawaran Program DP Murah Terbaik Khusus Bulan lni.Pesan Sekarang Juga!
PAS BANGET buat MOMENT LEBARAN!!!!

#TOYOTA AVANZA DP 12 Jutaan
#TOYOTA SIENTA DP 13 Jutaan
#TOYOTA YARIS DP 14Jutaan
#TOYOTA CALYA DP 15 Jutaan
#TOYOTA RUSH DP 17 Jutaan
*syarat dan ketentuan Berlaku

CARI TIPE LAIN?
SILAHKAN KONSULTASIKAN KEPADA SAYA JAMINAN HARGA DAN PELAYANAN TERBAIK.

Pembelian Cash/Kredit Dp ringan & Angsuran Murah.

Tukar Tambah Mobil Lama Semua Merk, Perpanjang Pajak STNK dan Asuransi Kendaraan

Untuk Informasi & Harga Terbaik:
Makun Hidayat
087889813434 (call/WA)
081290933758
Auto2000 Juanda Jakarta
PT Astra International Tbk

Reply
avatar
4/6/17 delete

Setelah sy coba naek bbrp jenis mobil, yg saya rasakan R3 suspensi nya hampir sama dg inopa..
Alhamdulillah atas apa yg telah dititipkan Allah SWT kpd sy..

Reply
avatar
4/6/17 delete

Setelah sy coba naek bbrp jenis mobil, yg saya rasakan R3 suspensi nya hampir sama dg inopa..
Alhamdulillah atas apa yg telah dititipkan Allah SWT kpd sy..

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
10/6/17 delete

Buat Bro Alfaqih, maaf banget comment-nya gak sengaja ke hapus. Waktu mau approve ke tekan delete, padahal mau tekan publish. Saya copas komennya dimari, nanti komen ulang aja, ntar komen ini ane hapus.

By Alfaqih:
"
Alhamdulillah.. keknya makin bulet nih milih sijuki er3 jadi mobil pertama saya. Selain karena yang paling nyaman dan mewah di dalam range harga sekelas, juga pastinya bisa keluar dari zona bentuk mainstream.

Jujur udah eneg bin muak banget liat bentuk vaganjah (wkwkwk maap). Bukan karena jelek, tapi karena saking buanyaknyah bertebaran di jalan dan parkiran. Rasanya pengin gituh mataku dimanjakan oleh hari bebas si kembar sebulan sekali ajah wkwkwk (di luar area Car Free Day yah tentunya). Atau ada 1 kota di pulau Jawa yang di situ pemkotnya bikin peraturan dilarang menggunakan 'si kembar', rasanya pengin holiday kesana hha.


But anyway, two thumbs up for your awfull netral comparisson. I think you should have a youtube channel to review the car, bro!"

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
11/7/17 delete

Saya ada Veloz 1.5 & R3 GL, klo pk AC tentu keduanya konsumsi bbm lebih dr normal tanpa AC, tp akselerasinya masih bagus Veloz, R3 harus injak Pedal gas lbh dalam tp masih lemot ngacirnya jd g berani nyalip nanggung. Klo masalah irit tinggal bgmn cr mengemudikannya msg2 org, kenyamanan kabin masih milik R3 krn suspensi yg mampu meredam getaran. Eksterior bg saya masih Futuristik Veloz dr segi Head lamp, Bumper depan jg body kit, klo R3 Head lamp u/semua varian smp yg terbaru gitu2 aja bosen! Monggo selera masing2...mobil g ada yg sempurna!

Reply
avatar
11/7/17 delete

Klo spare part lbh murah avanza, tp biaya jasa service lebih murah suzuki

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
19/7/17 delete

Apakah bener bunyi mesin new ertiga lebih kasar drpd ertiga lama? Mohon info gan...

Reply
avatar