17 Kelebihan Toyota Cayla dibanding Datsun Go+ Panca. Kemungkinan Berdasarkan Analisa

June 02, 2016 13 Comments


CaruserMagz.com - Santer kabar kedatangan LCGC 7 Penumpang racikan Astra Daihatsu Motor (ADM) cukup heboh di jagat otomotif tanah air, khususnya di dunia maya. Meskipun belum ada pernyataan resmi dari pihak Toyota Astra, opini yang berkembang tak dapat dielakkan, bahwa Toyota Cayla ini dibuat sebagai senjata menggempur pasar Low MPV LCGC berkonsep kapasitas penumpang 5+2, yang sekarang hanya dihuni oleh Datsun Go+ Panca.

Toyota Cayla vs Datsun Go+ Panca
Kelebihan Toyota Cayla vs Datsun Go+ Panca

Hingga ulasan ini kami tulis, belum ada pengumuman resmi mengenai spesifikasi dan fitur Toyota Cayla dan kembarannya Daihatsu Sigra, tapi beberapa jurnalis otomotif dari bebagai media nasional sudah banyak menulis berita mengenai bocoran informasi dari orang dalam Astra yang disebut-sebut dapat dipercaya dan dari model-model sebelumnya, informasi dari orang tersebut selalu akurat.

Dari bocoran informasi tersebut, kami membandingkannya dengan lawan Toyota Cayla yang sudah lebih dulu berada di arena, yaitu Datsun Go+ Panca. Kami ingin memberikan ulasan singkat mengenai kelebihan apa saja yang mungkin ada pada Toyota Cayla dibanding Datsun Go+ Panca. Berikut ulasan tersebut:


1. Kabin yang Lebih Lega


Berdasarkan spyshot penampakan samping yang didapatkan oleh Otomania.com, dapat diperkirakan bahwa Toyota Cayla ini akan mempunyai jarak dari poros roda belakang ke bumper lebih panjang dibanding Datsun Go+ Panca. Dari kondisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa ruang kabin baris ketiga Toyota Cayla akan lebih lega dari milik Datsun Go+.

Perbandingan Panjang Kabin Belakang Toyota Cayla vs Datsun Go+ Panca
Perbandingan Panjang Kabin Belakang Toyota Cayla vs Datsun Go+ Panca

2. Bagasi yang Lebih Luas


Pada Datsun Go+ Panca baris ketiga merupakan optional, jika digunakan untuk menampung penumpang, maka tidak ada ruang tersisa untuk bagasi, sehingga jika memerlukan bagasi, baris ketiga Datsun Go+ tidak dapat diisi penumpang.

Sedangkan pada Toyota Cayla, bentuk bokong dengan kemiringan yang tidak selandai Datsun Go+ Panca, kemungkinan masih akan ada tersisah sedikit ruang sebagai bagasi di belakang kursi barus ketiga. Memang kemungkinan bagasi tersebut tidak akan selega bagasi milik Toyota Agya, namun dibanding Datsun Go+, tentu akan lebih besar.


3. Kursi Baris Pertama yang Lebih Kekinian (ada konsol tengah)


Hal yang banyak dikatakan para reviewer mengenai kabin depan Datsun Go+ Panca adalah "Jadul". Konsep kursi depan yang bersambung dan tuas rem tangan ala Kijang Super tahun 2000an memang memberi kesan ketinggalan zaman. Belum ada kabar mengenai akan ada perubahan pada desain kursi Datsun Go+ tersebut.

Pada Toyota Cayla, jika melihat apa yang ada pada Agya, maka kemungkinan besar desain kursi depan tidak akan bersambung, melainkan akan seperti umumnya kursi mobil zaman sekarang, yaitu dipisah oleh keberadaan konsol tengah yang memuat tuas rem tangan, ruang penyimpanan barang kecil dan cup holder. Isu yang berkembang, tuas transmisi Toyota Cayla akan sedikit sama dengan Datsun Go+ Panca, yaitu berada di dashboard. Tapi sekali lagi kami ulangi, ini baru perkiraan berdasarkan isu yang berkembang, tidak ada jaminan perkiraan kami ini akan tepat 100%.


4. Build Quality Interior yang Lebih Baik


Dengan kualitas interior Toyota pada umumnya yang sudah mulai baik, sekalipun pada mobil kelas LCGC seperti Toyota Agya, tentunya bahan plastik dashboard Toyota Cayla akan lebih baik dari milik Datsun Go+ Panca yang ada sekarang. Lain halnya jika Datsun Go+ Panca mendapatkan facelift dan memperbaiki kualitas interiornya. Hanya saja sepertinya group Nissan sangat lamban dalam hal facelift, lihat saja Nissan Grand Livina, saat LMPV lain sudah facelift dari tahun 2015, belum ada perubahan signifikan pada Grand Livina hingga saat ini.

Bahan plastik dashboard Datsun Go+ Panca terasa sekali kasar dan warna yang sangat cheap look (Nampak murahan), apabila Toyota Cayla dibuat seperti Agya saja, maka Datsun Go+ sudah kalah, apalagi dengan harga yang sedikit lebih tinggi, kemungkinan kualitas interior Toyota Cayla akan lebih baik dari yang ada pada Toyota Agya.


5. Kepraktisan yang Lebih Baik


Tempat-tempat penyimpanan pada Toyota Cayla kemungkinan besar akan jauh lebih baik dari Datsun Go+ Panca. Dengan adanya konsol tengah antar kursi penumpang depan dan kursi pengemudi akan memberi space untuk cup holder tambahan di tengah dan ruang penyimpana barang-barang kecil.

Glovebox pada Datsun Go+ di depan penumpang depan tidak ada tutup, hingga terkesan tidak rapi, jika melihat apa yang ada pada Toyota Agya, maka Toyota Cayla akan memiliki Glovebox yang ada penutupnya, lebih rapi dan manusiawi.

Datsun Go+ Panca hanya memiliki cup holder di doortrim pintu depan dan tidak ada di kabin baris kedua dan ketiga, juga tidak ada tambahan cup holder di dashboard. Jika kepraktisan Toyota Agya disematkan pada Toyota Cayla, maka Cayla akan memiliki 4 cup holder di depan dan 2 cup holder di doortrim baris kedua.


6. Mesin 4 Silinder yang Lebih Halus


Kabar yang beredar, Toyota Cayla akan dibekali mesin VVTi 4 silider sebesar 1200cc. Dari sisi volume mesin, mungkin Datsun Go+ Panca masih sama dengan Cayla, tapi dari segi teknologi mesin, maka Datsun Go+ akan ketinggalan jauh, karena masih memakai teknologi lama tanpa variable valve.

Selain itu, mesin 4 silinder pada Toyota Cayla pastinya akan jauh lebih halus getaran dan suaranya dibanding mesin Datsun Go+ yang hanya 3 silinder. Sehingga Cayla akan terasa lebih berkelas. Kemungkinan, Datsun Go+ Panca akan sedikit unggul dalam hal kehematan konsumsi bahan bakar di banding Toyota Cayla dengan konfigurasi mesin tersebut.


7. Ukuran Ban yang Lebih Besar (Lebih Proporsional)


Sebagaimana kita ketahui, banyak pengguna Datsun Go+ Panca langsung mengganti velg dan ban bawaan mobil tersebut sesaat setelah membelinya, karena mereka merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dengan ban kecil Datsun Go+ yang hanya 13 inci. hmm.. memang jadinya ringkih dan seperti mobil-mobilan jika mobil berpenumpang 7 orang dengan ban sekecil itu.

Sedangkan Toyota Cayla akan diberi ban yang lebih besar yaitu 14 inci untuk tipe standar dan 15 inci untuk tipe termewah. Selain itu, Toyota Cayla akan diberi sepatu velg alloy lebih keren. Sedangkan Datsun Go+ Panca hanya tersedia velg kaleng pada build-in nya, dan harus membayar lebih, sebesar 5 juta rupiah untuk mendapatkan velg alloy.


8. Power Windows di Semua Pintu


Power windows pada Datsun Go+ Panca hanya tersedia pada pintu depan, tidak ada center control dan lock dari kursi pengemudi. Power Windows pada ke-4 pintu hanya ada pada tipe Datsun Go+ Style, Sedangkan pada Toyota Cayla power windows pada ke-4 pintu ada pada semua tipe dilengkapi center control dan penguncian dari doortrim pengemudi. Sehingga Toyota Cayla terasa lebih manusiawi dan aman untuk anak-anak di kabin baris ke-dua.


9. Audio System yang Lebih Bagus


Pada Toyota Cayla, head unit sudah double din, kalau pun single din, bisa diganti dengan double din karena ada ruang untuk double din. Sedangkan pada Datsun Go+ Panca, space yang tersedia hanya bisa memuat single din. Speaker pada Datsun Go+ Panca hanya tersedia 2 buah di doortrim kabin baris pertama, sedangkan jika melihat Toyota Agya, maka Cayla akan diberi 4 speaker termasuk di doortrim kabin baris kedua.


10. AC Double Blower


Fitur AC pada Toyota Cayla diberitakan akan dibuat double blower, meskipun mobil ini berkelas LCGC dan ruang kabin tidak seluas MPV. Hal ini sangat menarik, jika dibandingkan Datsun Go+ Panca yang hanya single blower dan dengan AC tanpa pengaturan arah hembusan exhaust dan pengaturan tinggi rendah temperatur yang tidak begitu berfungsi karena ketiadaan termostart. 


11. Spion Elektrik


Dari bocoran gambar penampakan yang didapatkan, Toyota Cayla akan memiliki spion eketrik yang dihiasi lampu sein. Hal ini sangat besar kemungkinannya jika melihat Toyota Agya yang ada sekarang. Maka Datsun Go+ Panca akan kalah telak dalam hal fitur dan kosmetik ini, karena spion Datsun Go+ masih manual dan dengan penampilan seadanya berbahan plastik tipis hitam dan tanpa lampu sein. Toyota Cayla akan Nampak jauh lebih berkelas dalam hal ini.


12. Fitur Keselamatan yang Lebih Lengkap


Semua Tipe Toyota Cayla akan dilengkapi dual airbags, pada tipe tertinggi akan ada fitur rem ABS. Dimana semua fitur itu belum ada pada Datsun Go+ Panca yang ada sekarang. Penambahan Airbags pada Datsun Go+ masih sebatas rumor, semoga benar-benar dilakukan oleh Datsun sehingga tidak makin jauh ketinggalan dibanding kompetitornya.


13. Seat Belt yang Retractable


Mobil-mobil Toyota tidak ada lagi yang menggunakan seatbelt manual yang harus ditarik dan digulung secara manual, maka tidak masuk akal jika Toyota Cayla akan diberi fitur keselamatan ini yang masih manual. Sehingga Toyota Cayla baris kedua dan ketiga akan nampak lebih rapi dengan seatbelt retractable (menggulung sendiri jika tidak digunakan), dibanding Datsun Go+ Panca yang seatbelt-nya masih manual dan terlihat berantakan jika seatbelt tersebut tidak digulung setelah digunakan.


14. Value For Money yang Lebih Tinggi


Meskipun Toyota Cayla ini akan berharga lebih mahal dari Datsun Go+ Panca, fitur yang seabrek lebih lengkap, kabin yang lebih luas, kepraktisan yang lebih baik dan mesin lebih canggih, maka rasnya Value for money-nya akan jauh mengungguli Datsun Go+ Panca. Selisih harga 10 hingga 20 juta masih sangat worthed untuk pembeli pemula, apalagi jika membeli secara kredit, selisih itu tidak akan begitu terasa pada angsuran bulanan, belum lagi ditambah promosi diskon uang muka yang sekarang gencar dimainkan Astra untuk menarik minat konsumen.


15. Jaringan Service dan Dealer yang Lebih Luas


Tidak dapat dipungkiri, jaringan service Astra Toyota-Daihatsu dengan Auto2000-nya jauh lebih luas dibanding jaringan Dealer dan Service milik group Nissan-Datsun. Tap pelak hal ini akan menjadi faktor terbesar yang akan mencaplok legitnya pasar MPV LCGC yang selama ini hanya dinikmati Datsun Go+ Panca. Konsumen merasa lebih tenang dengan jaringan service yang sampai ke pelosok kota-kota kabupaten dengan ketersediaan suku cadang yang sudah terkenal banyak dan cepat.


16. Brand Image yang lebih Luas


Brand image di Indonesia masih menjadi faktor paling dominan dalam mendongkrak penjualan mobil. Hal ini terbukti dari penjualan Datsun Go+ Panca sendiri, keterkenalan merk Datsun membuat penjualan mobil tersebut jadi lebih mudah. Tapi dibandingkan dengan brand image Toyota, Datsun masih seperti bayi reinkarnasi yang baru lahir.

Apapun yang dijual Toyota sepertinya akan laris manis, lihat saja Toyota Etios Valco dengan tampang jadul dan kualitas dan desain interior yang tidak begitu menarik, masih ramai terlihat di jalanan dibanding kompetitor-kompetitornya dari merk lain.


17. Tampilan yang Lebih Segar


Mobil baru apapun bentuknya akan memberikan nilai prestise tersendiri, khususnya pada karakteristik konsumen otomotif di Indonesia. Mobil baru akan diserbu konsumen, bahkan sebagian kecil pembeli hanya untuk mencoba kemudian menjualnya kembali dengan cepat. Orang-orang yang sudah berminat dan merencanakan membeli Datsun Go+ Panca, tidak dapat dipungkiri banyak yang menahan dompetnya, mengurungkan niat membeli Datsun dan mencari informasi mengenai Toyota Cayla atau Daihatsu Sigra.


Penutup

Demikan ulasan kami mengenai kemungkinan apa saja kelebihan Toyota Cayla dibanding Datsun Go+ Panca. Kami tidak menjamin ulasan ini akan tepat 100%, karena masih merupakan perkiraan berdasarkan analisa dari berbagai berita di media online. Untuk perbandingan yang lebih akurat, sebaiknya Sobat menunggu sampai Toyota Cayla benar-benar diluncurkan pada ajang GIIAS-2016 mendatang.


Dari ulasan kami di atas, sepertinya Datsun harus mengambil langkah cepat dan berhenti mengeluarkan rumor perbaikan ini itu pada Datsun Go+ Panca tanpa tindakan nyata. Jika group Nissan tidak mengambil langkah strategis, kemungkinan bayi Datsun akan terhambat pertumbuhannya di pasar otomotif tanah air.

Semoga ulasan kami ini berguna bagi sobat yang membutuhkan informasi dan selamat menantikan launching Toyota Cayla bagi yang sudah berminat meminang LCGC 7 penumpang Toyota tersebut.

Salam Otomotif!

RECOMMENDED BY SPONSOR

13 komentar

Write komentar
10/6/16 delete

kisaran harga berapa nih bro.....tq

Reply
avatar
10/6/16 delete

nantikan artikel kami selanjutnya pak yohannes. nanti malam (10/06/16) kami posting perkiraan harga Toyota cayla dan Daihatsu sigra.

Reply
avatar
10/6/16 delete

Sangant Menarik, ada Berapa Varian Pak?Mohon Kisaran Harga dan macam Varian.

Reply
avatar
10/6/16 delete

untuk harga dan varian daihatsu sigra, sudah kami bahas di artikel terbaru. silahkan kunjungi homepage blog ini. Untuk toyota cayla, diperkirakan akan hanya ada 2 tipe dengan masing2 tersedia transmisi otomatis dan manual, jadi akan ada 4 varian cayla. mengenai harga cayla, sedangkan kami analisa. besok pagi kami posting.

Reply
avatar
11/7/16 delete

tinggal ditunggu test durabilitynya setelah dipakai konsumen selama minimal 5 tahun

Reply
avatar
11/7/16 delete

biasanya durability Toyota cukup baik. kalo melihat sejarah Avanza-Xenia. Tapi ini adalah LCGC, Agya dan Ayla pun masih muda umurnya. kalo bagus, cukup menarik membeli Cayla atau sigra second yah.. apalagi bekas orang kaya yang ngetes doank.. hehe

Reply
avatar
26/8/16 delete

Tidak semua merk Toyota sukses kok mas.. Etios tdk terlalu menggembirakan penjualan nya. Kabarnya akan discontinue,, blum lg Toyota nav1. Miris... Menyusul Toyota sienta sepertinya bernasib sama

Reply
avatar
27/8/16 delete

Ya mungkin penjualan etios tidak begitu memuaskan bagi toyota. Tapi dengan angka penjualan etios, jika itu merk lain semisal nissan atau kia, akan dianggap sukses besar. Karena toyota itu raksasa, jadi penjulan segitu pun serasa kecil baginya. Hehehe

Reply
avatar
Eko m
AUTHOR
31/10/16 delete

Keren bang,mantap infonya










http://toyotapurwokertosite.wordpress.com

Reply
avatar
eko andika
AUTHOR
17/1/17 delete

Mohon pencerahan cra mau kredit cayla

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
17/1/17 delete

lokasinya dimana mas eko? ada banyak perusahaan leasing mobil di tiap kota. Datang saja ke dealer, nanti banyak sales dan orang lisingnya. Kalo mau simulasi kredit, bias berkunjung ke otosentrum.com, disitu ada halaman simulasi kredit mobil.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
8/2/17 delete

Kurang memuaskan karna bagian belakang yang terlihat agak cingkrang. Saya ada rencana beli nih. Menurut kalian mending ambil calya atau sigra ya?karna tipe tertinggi sigra masih lebih murah drpd calya

Reply
avatar
Yayan Abdhi
AUTHOR
8/2/17 delete

Kalo kurang memuaskan,mending gk dibeli gan. Daripada ntar nyesal pas udah dibeli.
Mungkin Datsun Go Cross layak ditunggu, karena kabarnya ruangnya lega,ground clearance tinggi dan tongkrongan ala SUV.

Reply
avatar