Hasil Balapan F1 GP Jerman 2016, Hamilton Menang Lagi di Hockenheimring

August 04, 2016 1 Comments


CaruserMagz.com - Lewis Hamilton berhasil memperkokoh posisinya di puncak klasemen kejuaraan jet darat paling bergengsi, pada balapan Formula-1 GP ke-12 di Hockenheimring, Jerman pada Minggu, 31/07/2016. Kemenangan membuat Lewis Hamilton makin meninggalkan rekan setimnya Nico Rosberg yang tercecer di posisi finish ke-4. Hamilton juga memenangkan 3 balapan sebelumnya di Austria, Inggris dan Hungaria.


Lewis Hamilton Menang di F1 GP Jerman 2016
Home race bagi Nico Rosberg ini ternyata tidak memberikan efek magis bagi sang tuan rumah. Jangankan menang, podium pun tidak berhasil dia naiki. Rosberg menampilkan performa yang kurang baik dan bahkan melakukan kesalahan saat berusaha mendahului Max Verstappen di tikungan tajam. Nico Rosberg membalap dengan agresif, entah karena dia menghadapi masalah under-streering saat menyalib Verstappen, atau sengaja menunda memutar setirnya untuk menggeser Verstappen keluar lintasan.

Otoritas F1 menganggap itu kesengajaan dan Rosberg harus menerima penalty tambahan waktu 5 detik. Hukuman itu dieksekusi dengan penundaan pergantian ban di fitstop kedua. Seandainya saja tidak ada hukuman tersebut, catatan waktu Rosberg di lintasan seharusnya bisa mengantarkan dia ke podium ketiga.

Kemenangan Hamilton ini makin mengokohkan posisinya di puncak klasemen, setelah pada GP Hungaria minggu lalu, dia berhasil unggul dari rekan setimnya yang cukup lama memimpin klasemen. Hamilton berhasil melebarkan keunggulannya menjadi 217 point, yaitu 19 point lebih banyak dari Rosberg yang berada di posisi kedua dengan 198 point.

Hamilton diapit dua pembalap Red Bull di podium, posisi kedua dan ketiga diraih oleh Daniel Ricciardo dan Max Verstappen. Ricciardo finish 6,9 detik di belakang Hamilton dan Verstappen 13,4 detik. Rosberg menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 15,8 detik di belakang Hamilton. Masing-masing berada diurutan ke-5 sampai ke-10, adalah Sebastian Vettel, Kimi Raikkonen, Nico Hulkenberg, Jenson Button, Valtteri Bottas dan Sergio Peres

Pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, syukurlah masih mengaspal di lintasan Sirkuit Hockenheimring ini, meskipun sempat dikabarkan, Hungaria akan menjadi race terakhir baginya.  Rio menjalani balapan dengan konsisten dan tanpa kesalahan hingga Finish pada posisi 20, setelah Pelipe Nasr dan Pelipe Massa gagal finish.

Sepertinya Gossip bahwa Jerman adalah balapan terakhir Rio Haryanto akan kembali cukup ramai dibahas media dalam dan luar negeri. Ada waktu kurang lebih sebulan bagi management Rio untuk menyelesaikan masalahnya dengan Manor Racing Team. Semoga tidak ada kendala berarti dan kita masih bisa menyaksikan Rio Haryanto hingga akhir musim.

F1 memasuki masa liburan hingga Balapan GP Belgia tanggal 28 Agustus mendatang. Sebagaimana disebutkan oleh Hamilton melalui komunikasi radio saat dia merayakan kemenangan di atas jet daratnya: "we all deserve vacation, great job team! good start, incredible fit stops!"

Salam AutoSport!

RECOMMENDED BY SPONSOR

1 komentar:

Write komentar
30/9/16 delete This comment has been removed by a blog administrator.
avatar

The Author

Yayan Abdhi

Penggemar otomotif yang suka berbagi ulasan dan opini tentang dunia otomotif yang dinamis. I'm not an auto-expert, this blog is just driven by passion to share my enjoyment about sitting behind the steering wheel.