Aksesoris Toyota Calya-Daihatsu Sigra, Bukan sekedar Hiasan, juga Berfungsi Lindungi Mobil

November 25, 2016 0 Comments


CaruserMagz.com - Punya mobil baru rasanya kurang sempurna jika tidak melengkapinya dengan berbagai aksesoris tambahan. Tak terkecuali Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, low-MPV LCGC yang telah menjadi mobil sejuta umat, kini sedang diburu aksesorisnya oleh para pemilik mobil baru ini.

Gambar-1: Daihatsu Sigra dengan berbagai Aksesoris
Tak jarang kita temui, sampai ada mobil yang terlihat lebai karena terlalu ramai dengan hiasan. Tapi itu selera masing-masing orang tentunya. Toh mobil-mobilnya sendiri, uang-uangnya sendiri. Sang pemilik mobil tentunya merasa mobilnya lebih cantik dengan berbagai aksesoris dan hiasan tersebut.

Selain sebagai hiasan untuk mempercantik mobil kesayangan, aksesoris juga punya fungsi-fungsi penting lainnya misalnya proteksi dari kontak dengan benda keras untuk tetap menjaga keindahan mobil sebagaimana aslinya.

Tulisan ini kami buat bukan untuk berjualan aksesoris, tapi hanya mengulas apa saja aksesoris yang bisa disematkan pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra untuk mempercantik mobil ini, seperti kami bahas satu-persatu sebagai berikut:

1. Side Body Molding


Ini adalah aksesoris pada pintu samping yang biasanya terbuat dari bahan karet, beberapa pembuat aksesoris ada yang melapisi bagian ini dengan aksen chrom, sehingga nampak mewah.

Gambar-2: Sidebody Molding pada sisi bawah pintu
Selain memberi tampilan yang sporty, aksesoris body molding berfungsi melindungi body bagian samping mobil dari gesekan dengan benda keras, misalnya dari pintu mobil lain yang dibuka saat di parkiran.

2. Garnish Chrom pada Eksterior Mobil


Aksen chrom sedang menjadi tren di kalangan pehobi aksesoris mobil. Ada banyak aksesoris bermotif chrom ini yang bisa ditemukan pada berbagai toko aksesoris. Antara lain sebagai berikut:

Gambar-3: Berbagai aksesori chrom pada Calya-Sigra
List Chrom di bawah kaca samping dan belakang (pintu bagasi) - Ini adalah aksesoris yang sudah ada pada Daihatsu Sigra tipe R-Deluxe (tertinggi), namun ada juga dijual oleh pedagang aksesoris bagi sobat yang ingin membuat penampakan samping Calya atau Sigranya  nampak mewah.

Cover handel pintu chrom - Cover handel pintu beraksen chrom menambah kesan mewah pada mobil. Selain itu, cover ini juga berfungsi melindungi handel agar tetap seperti baru, karena terlindungi dari lingkungan luar.

Outer Handel - berfungsi melindungi bagian body yang berada di balik handel pintu dari tergores. Pada umumnya bagian body ini akan penuh goresan karena sering bergesekan dengan kuku-kuku orang yang membuka pintu mobil. Dengan pelindung ini, kondisi cat body pada bagian tersebut akan terjaga dari banyaknya goresan.

Garnish Chrom Lampu Depan dan Belakang - Sering kita lihat hiasan chrom disekitar lampu utama depan dan belakang. Bagi sebagian orang, aksesoris ini menambah kesan mewah mobilnya.

Cover Spion Motif Chrom - Bagi penggila chrom, cover spion dapat diganti keseluruhannya dengan yang bermotif chrom. Rumahan kaca spion tersebut akan nampak senantiasa berkilau.

Garnish Tutup Tanki bbm - Tak ketinggalan tutup tanki bahan bakar, ini juga jadi sasaran pehobi aksesoris, sudah banyak ragam aksesoris ini, dari yang bermotif chrom sampai yang berwarna-warni.

Garnish Chrom pada grill - Keseluruhan grill dapat dibalut aksen chrom baik pada kelilingnya maupun pada setiap list pastik yang ada seperti pada gambar-3 di atas.


3. Sillplate Door


Gambar-4: Sillplate dor pada body bagian dalam bawah pintu - calya sigra
Ini adalah aksesoris di body bagian bawah pintu yang berfungsi melindungi bagian tersebut dari lecet atau tergores, karena sering diinjak penumpang saat akan masuk ke mobil. Selain itu, aksesoris ini juga memberi kesan mewah.

4. Karpet Plastik/Karet


Karpet berfungsi melindungi bagian bawah lantai mobil dari kotoran, baik kering maupun basah. Dibanding karpet berbahan beludru, karpet plastik punya kelebihan karena tidak menyerap kotoran yang basah seperti tanah dan pasir halus, sehingga lebih mudah dibersihkan.

5. Mud Guard


Gambar-5: Mud Guard pada Calya-Sigra
Mud guard dipasang pada spakbor di belakang setiap roda, aksesoris ini berfungsi menahan percikan tanah, lumpur dan air dari ban ke body mobil bagian samping dan belakang. Sehingga body mobil tidak cepat kotor walau melewati jalan yang becek.

6. Muffler Cutter


Gambar-6: Cover pipa kenalpot (mupple-cutter) - Calya Sigra
Ini adalah hiasan di ujung pipa kenalpot. Biasanya beraksen chrom untuk memberi kesan mewah. Aksesoris ini membuat mobil nampak rapi dengan pipa pembuangan gas yang berkilau.

7. Emblem Toyota atau Daihatsu


Emblem Garuda pada Calya dan huruf S pada Sigra memberi kesan bahwa ini mobil LCGC alias mobil murah. Dengan mengganti emblem tersebut dengan emblem Toyota atau Daihatsu, Calya dan Sigra terasa sejajar dengan Avanza dan Xenia. Lihat contoh Calya yang sudah menggunakan emblem Toyota pada Gambar-9 di bawah.

8. Antena Sirip Hiu (fin Shark)


Gambar-7: Calya dengan antenna sirip hiu
Sedang tren antenna sirip hiu, karena ini dulunya ada pada mobil-mobil mewah atau mobil varian tertinggi. Kami sarankan pilihlah antenna fin shark ini yang sewarna body, agar nampak lebih orisinil.

9. Bumper Protector


Gambar-8: Bumper Protector pada bagian belakang Calya-Sigra
Selain membuat tampilan lebih sporty, pastinya bumper protector berfungsi melindungi bagian depan atau belakang mobil dari cidera akibat kontak dengan benda keras atau kendaraan lain di jalan.

10. Lampu LED-DRL



Gambar-9: Toyota Calya dengan LED-DRL
Lampu LED-DayTime Running Light (DRL) memang lebih kepada hiasan estetika. Tapi juga berfungsi membuat mobil sobat lebih terlihat bagi pengendara lain dari arah yang berlawanan. Kami sarankan tidak menggunakan LED yang terlalu terang, agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

11. Lampu Projector


Gambar-10: Daihatsu Sigra dengan Lampu Projector
Sekarang lagi tren lampu utama diganti dengan HID Projector headlight. Tampilan mobil jadi lebih sporty dan mewah. Kualitas penerangan juga lebih baik tentunya.

12. Roof Rail


Bagi sobat yang ingin membuat Calya atau Sigranya terlihat sporty, bisa memasang roofrail di atapnya.
Gambar-11: Roofrail pada Calya-Sigra
Kami sarankan pasanglah roofrail yang fungsional untuk bisa menampung barang bawaan saat dibutuhkan. Bukan roofrail yang sekedar hiasan saja, agar tidak cuma buat gaya. Tapi itu tergantung selera masing-masing.

13. Rear Spoiler


Spoiler belakang yang juga sering disebut ducktail spoiler bisa memberi tampilan yang lebih sporty. Contohnya dapat dilihat pada Gambar-1 di atas. Aksesoris ini juga bermamfaat meningkatkan pengendalian, karena menambah downforce pada roda belakang, sehingga grip ban belakang lebih kuat ke jalan.

14. Kamera Parkir


Jika Calya atau Sigra sobat sudah ada head unit monitor touch screen, akan lebih bagus jika memasang kamera parkir, sehingga bisa melihat kondisi di belakang mobil saat mundur atau memarkir mobil.

15. GPS-Navigasi


Melengkapi interior mobil dengan perangkat navigasi juga bermamfaat buat sobat yang sering melakukan perjalanan jauh atau ke tempat yang kurang difahami. Perangkat ini juga membuat mobil sobat terlihat lebih modern.

16. Kursi Bayi/Balita


Sayang rasanya jika fitur isofix yang sudah disediakan pabrikan tidak dimamfaatkan. Bagi sobat keluarga muda yang punya balita, alangkah baiknya membeli kursi khusus untuk balita, sehingga anak sobat lebih aman dalam perjalanan.

17. Cover Setir


Selain memperindah lingkar kemudi, cover setir juga berguna pada grip tangan yang lebih baik pada setir. Kami sarankan pilih cover setir dari bahan kulit, jangan dari bahan yang licin.

18. Speakers


Gambar-12: Audio Speakers modifikasi pada Calya-Sigra
Bagi pehobi audio, bagasi belakang bisa dijadikan pusat audio speakers yang bombastis, hingga suasana interior seperti berada di cafĂ© diskotek. Gambar di atas merupakan contoh bagasi Calya yang sudah dimodifikasi dengan berbagai perangkat audio.

19. Sticker Sporty


Gambar-13: Sticker Sporty - Sumber Calsic Fanpage - Andi Purnama Design
Body samping juga bisa dihiasi dengan sticker untuk menambah kesan sporty. Bisa juga memasang sticker TRD-Sportivo yang banyak dijual di toko aksesoris. Saran kami jangan sampai memasang sticker sporty brand lain, seperti Mugen (Honda), Nismo (Nissan) dan lain sebagainya, karena itu terlihat konyol.



Nah, itulah list beberapa aksesoris yang bisa disematkan pada Toyota Calya atau Daihatsu Sigra kesayangan sobat. Sebaiknya pilih mana yang sesuai selera dan kebutuhan saja, terlalu banyak aksesoris juga membuat mobil sobat nampak berlebihan.

Semoga tulisan ini berguna bagi sobat yang sedang berburu aksesoris untuk mempercantik mobil keluarga tercinta. Jika sobat ada informasi lain yang belum kami tuliskan, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.

Salam Otomotif!

RECOMMENDED BY SPONSOR