SpyShot KIA Picanto 2017 Beredar sebelum Debut Global di Geneva, Makin Sporty dan Modern

December 28, 2016 0 Comments


CaruserMagz.com - KIA Global telah merilis teaser resmi dari penampakan KIA All New Picanto 2017 beberapa hari yang lalu. Rencananya launching global supermini yang juga disebut KIA Morning ini akan digelar pada Geneva Motor Show, namun foto penampakan aslinya telah bocor ke publik melalui beberapa foto yang diunggah media otomotif dunia.

KIA All New Picanto 2017- Front Look
KIA All New Picanto 2017- Tipe Tertinggi - Foto by SoonHo Kwon
Seorang penggemar otomotif mengunggah hasil jepretan foto dengan resolusi lebih jelas pada Facebook Closed Group  "Picanto Club Indonesia". Thanks to SoonHo Kwon untuk unggahan berbagai foto eksterior dan interior KIA Picanto 2017 yang detail.


Eksterior


Foto tersebut sangat cocok dengan sketsa atau teaser resmi yang dirilis KIA Global. Ada citarasa All New Rio pada wajah Picanto generasi baru ini. Hal tersebut terlihat dari grill depan yang terintegrasi dengan head lamp dan logo KIA yang tidak lagi berada di dalam grill, melainkan dipindah ke bagian atasnya.

Penampakan depan dan belakang KIA All New Picanto 2017 - Foto by SoonHo Kwon
Hal berbeda dari perkiraan banyak media otomotif yang mengeluarkan rendering Picanto 2017 ini adalah posisi foglamp yang ternyata terintegrasi dengan grill bumper, bukan pada bagian tepi bumper. Sedangkan rumahan foglamp pada generasi sebelumnya kini dihuni oleh aksen chrom berbentuk huruf, jadi fungsinya berubah lebih kepada hiasan estetika. 

Tapi jika mengingat tipe tertinggi yang ada sekarang, yaitu Picanto Platinum, memang fog lamp-nya terintegrasi dengan bumper grill. Jadi ada kemungkinan pada tipe standar atau menengah, posisi foglamp-nya akan sesuai dengan perkiraan dan bocoran informasi yang sebelumnya beredar, yaitu tetap berada pada sisi tepi bumper.


Dilihat dari sisi samping, tidak ada perubahan signifikan dari All New Picanto generasi sebelumnya. Dimensinya tetap imut, namun garis aerodinamis yang ditarik segaris dengan handel pintu tidak tampak lagi, garis tersebut dipindah sedikit di atas handel pintu, hingga mobil ini seperti punya bahu di sepanjang bagian sampingnya.

Penampakan Samping KIA All New Picanto 2017- Foto by SoonHo Kwon
Hal yang menarik ada pada bagian belakang, desain lampu belakang, bumper dan lampu mundur terlihat dirubah cukup signifikan. Jika pada generasi sebelumnya lebih banyak garis lengkung membulat, maka pada Picanto baru ini lebih bersudut-sudut. Lampu belakang sudah disematkan LED berbentuh huruf C, mirip dengan LED pada lampu belakang Toyota Rush.


Interior


Perubahan signifikan dari generasi lama sebenarnya terjadi di bagian interior, sehingga wajar Picanto ini disebut generasi baru, bukan sekedar facelift. Picanto 2017 memiliki dashboard dengan desain yang totally new. Palang setir, clustermeter, center cluster, audio head unit dan pengaturan AC benar-benar berubah. Jika pada generasi sebelumnya nampak terlalu sederhana, maka kini jadi lebih modern dan mewah.

Teaser resmi Interior KIA All New Picanto 2017
Pada clustermeter di balik lingkar kemudi, display MID diapit 2 lingkaran speedometer dan tachometer. Audio head unit berbentuk monitor touchscreen yang seperti gadget ditegakkan di tengah dashboard mengingatkan kita pada head unit milik Mazda-2.

Clustermeter dan Dashboard KIA All New Picanto 2017- Foto by SoonHo Kwon
Hal yang menarik adalah pengaturan AC lebih modern dengan display digital, walau pengaturannya masih menggunakan knop putar mirip dengan yang lama. Tombol ala kokpit pesawat pada KIA Rio juga telah disematkan pada Picanto baru ini. Berbagai tombol control pada palang setir memberi kemungkinan mobil kecil ini sudah memiliki fitur cruise control, juga tentunya audio control sehingga lebih mewah dan memanjakan pengemudi.

AC Digital KIA All New Picanto 2017
Warna dashboard tetap dominan hitam dengan list horizontal silver di tengahnya. Warna tersebut juga disematkan pada doortrim dengan aksen silver pada tempat tombol-tombol power windows dan aksen chrom pada handel pintu. Tidak ketinggalan pembalut kursi juga menganut pewarnaan yang sama dengan list putih pada bagian tepi kursinya.

Dari spyshot foto depan, juga terlihat bahwa pada kabin baris kedua telah dilengkapi 3 headrest. Berbeda dari versi sebelumnya yang hanya ada 2 headrest.


Mesin


Berdasarkan informasi dari SoonHo Kwon tersebut, Picanto 2017 ini akan menggunakan mesin baru dan ada juga pilihan mesin turbo dan transmisi otomatisnya 5-percepatan. Picanto baru ini akan bermesin dengan kapasitas yang sama dengan generasi sebelumnya, yaitu mesin Kappa 1,25 liter 4-Silinder. Untuk pilihan mesin turbo adalah mesin 1000cc 3-silinder.


Salam Otomotif!

Claiming himself a 'car enthusiast', he started this blog by the end of 2015 as a blend of his passion to the automotive world and the excitement of writing that he just found a hobby.