8 Alasan Memilih KIA All New Rio jadi Mobil Kesayangan, Kelebihan yang Disukai Pemilik

January 03, 2017 0 Comments


CaruserMagz.com - KIA All New Rio adalah hatchback cantik asal Korea Selatan yang cukup laris di Indonesia. Walau image mobil Korea masih belum baik saat mobil ini diluncurkan pada awal tahun 2012, All New Rio (ANR) seperti menggebrak pasar otomotif Indonesia dan membuat banyak pecinta compact hatchback kepincut untuk meminangnya.

KIA All New Rio Indonesia
KIA All New Rio saat Pameran di Palembang - Foto by YA

Lalu apa saja yang membuat pemilik KIA All New Rio memilih mobil ini sebagai mobil kesayangannya? Kami coba menanyakan hal itu pada para pemilik ANR di group tertutup Facebook "KIA Rio Indonesia", yang beranggotakan sekitar 2450 orang, dengan memposting pertanyaan singkat: "Guys, coba ungkapkan disini apa alasanmu memilih KIA All New Rio?"

Berikut beberapa alasan pemilik memilih KIA All New Rio:

1. Desain yang Menawan


Semua tanggapan dari pemilik KIA Rio mengatakan bahwa mereka suka dengan desain eksteriornya. Menurut mereka Rio elegan, stylist dan lebih bagus dari hatchback Jepang seperti Yaris dan Jazz.

Memang terkait desain adalah sesuai selera orang masing-masing, namun kami kira penjualan KIA Rio yang cukup bagus di Indonesia menjadi bukti bahwa memang desain KIA Rio ini sesuai dengan selera orang Indonesia.

Banyak orang yang jatuh cinta saat pandangan pertama pada All New Rio. Desain eksteriornya sedap dipandang dari berbagai sisi. Cantik, elegan sekaligus sporty. Ini adalah rancangan yang akan menjadi long-lasting design.

Tidak seperti mobil-mobil Jepang yang jika enak dilihat dari depan, bagian belakangnya kurang sedap dipandang, atau jika terlihat bagus dibagian depan dan belakang, tapi tidak menawan jika dilihat dari samping, dan lain sebagainya.

KIA All New Rio enak dilihat dari setiap sisi, desain wajahnya cantik menawan, sangat serasi dengan garis desain dari samping dan bagian bokongnya juga menggoda, sebagian orang melihat aura SUV di bagian belakangnya. Terasa lengkap memenuhi selera pecinta otomotif. Cantik, elegan, stylist dan sporty seperti diwujudkan sekaligus dalam suatu mahakarya yang sempurna.

Bukan hanya di Indonesia, ternyata KIA All New Rio sangat disukai di Eropa dan Amerika. Mobil ini meraih berbagai penghargaan desain di banyak Automotive Award.

Berikut beberapa tanggapan pemilik KIA All New Rio mengenai desain:
Sudar Wito: "Body-nya kece, keren abiss pokoknya"
Tabu Enarcon: "Bokongnya itu, bikin gak tahan, hehe"
Achmad Iyod S.: "Design-nya keren"
Ramadhani Putra H.: "Bahenoll.."
Yolfit Hendry A.: "Desain keren dan kelihatan mewah dibanding mobil-mobil yang ada di tempat tinggal saya, padahal harganya di bawah mobil mereka."
Audita Finansyah: "Kenapa saya pilih KIA ANR.. karena tampilan casual sporty, interior low profile, elegan karena warna wendy brown, kemudian yang paling mencolok di antara city car yang ada adalah dimensinya yang lebih lebar dan pendek."

Baca tentang desain KIA Rio: Komparasi Desain Eksterior Hatchback Indonesia


2. Kualitas Bahan Premium, Standar Eropa


Selain build quality yang rapi dan presisi, bahan interior pada dashboard dan doortrim juga terasa tebal dan lembut. Ini adalah hal yang sering dibanggakan pemilik KIA All New Rio. Berbeda dari hatchback Jepang yang beberapa diantaranya berbahan interior plastic keras yang tipis.

Ketebalan plat body KIA Rio berada di atas kompetitor-kompetitornya, sehingga mobil ini terasa lebih rigit dan kokoh, jauh dari kesan kaleng yang rapuh. Finishing eksterior juga sangat rapi dan presisi menunjukkan kualitas yang tidak main-main.


3. Desain dan Warna Interior Elegan


Selain tampilan luar yang eye-catching, bagian interior juga sering dibanggakan oleh para pemilik KIA All New Rio. Desain interior KIA Rio terlihat elegan, misalnya tombol pengaturan AC model kokpit pesawat memberi kesan modern, warna interior yang lembut juga terkesan mewah.


Seperti komentar dari dari pemilik Rio berikut:
Mhd. Benny Iskandar: "Pertama design, harga oke, pas test drive.. buseet ini mobil gokil bener.. dashboard mewah, di dalamnya nyaman dan senyap."
Dhani M.: "Bodynya keren.. fitur lumayan banyak, kualitas bahan interior dan eksterior mantap.. gak kaya merek Jepang harga hampir 1M, tapi body tipis."


4. Nyaman dan Peredaman Suara yang Sangat Baik (Senyap)


Kesenyapan kabin KIA Rio dapat dibilang out-standing dan mengalahkan mobil-mobil Jepang pada kelas yang sama. Peredamanan yang berlapis pada pintu dan pada pembatas ruang kabin dan mesin membuat mesin nyaris tak terdengar pada kondisi idle.

Penghubung mesin dan rangka body atau engine-mounting yang telah menggunakan system hydrolic juga membuat getaran mesin tidak masuk ke kabin, sehingga menambah kenyamanan sekelas mobil-mobil Eropa.

KIA Rio benar-benar didesain untuk kenyaman, hal ini terefleksi dari suspensi yang empuk memanjakan penumpang. tidak seperti Honda Jazz yang banyak dikeluhkan pemiliknya saat melewati polisi tidur atau jalan yang tidak rata, karena suspensi yang kaku.


5. Kabin yang Lapang dan Kepraktisan Berlimpah


Salah satu hal yang disukai pemiliknya adalah kelegaan kabin KIA All New Rio. Ruang kaki dan kepala terasa lapang ditambah kursi yang empuk berdesain semi-bucket membuat kabin mobil ini terasa nyaman.

Dimensi Rio yang sepanjang 4050mm dan lebar hingga 1720mm memungkinkan ruang kabin yang luas. Selain itu kepraktisan mobil ini dibuat berlimpah dengan tersedianya ruang penyimpanan tertutup dan terbuka yang besar-besar, serta cup holder yang banyak. Bagasi yang luas juga menjadi hal yang sangat disukai pemiliknya.


6. Akselerasi dan Handling yang Mantap


KIA All New Rio ditenagai mesin 1,4 liter (1396cc) 4-silinder bertenaga 107 PS dan torsi 135,4 Nm. Itu adalah tenaga yang torsi yang cukup memadai untuk compact hatchback seukuran Rio. Torsi yang besar tersebut membuat handling terasa mantap dan tarikan yang cukup jika butuh akselerasi.

Selain itu, teknologi motor driven power steering memberi kenyamanan berbeda pada pengemudi. Setir akan terasa sangat ringan pada kecepatan rendah dan secara otomatis menjadi lebih berat saat kecepatan tinggi. Ini membuat pengendalian jadi lebih aman dan memberi kepercayaan diri yang lebih baik pada pengemudi.


7. Value for Money yang Tinggi (Harga Terjangkau)


Dibanding hatchback Jepang seperti Toyota Yaris dan Honda Jazz, KIA All New Rio tergolong murah. Jika Yaris dan Jazz berharga 230 hingga 280 jutaan, maka KIA All New Rio hanya sekitar 200 - 260 jutaan. Apalagi jika ada diskon dan promo, KIA Rio bertransmisi manual bisa di dapat dengan harga di bawah 200 juta rupiah.

Harga jual kembali mobil-mobil Korea yang jatuh, di sisi lain menjadi keuntungan tersendiri bagi peminat Rio yang ingin membelinya sebagai mobil bekas. Cukup dengan budget sekitar 120 hingga 170 juta rupiah, sudah bisa mendapatkan New Rio dalam kondisi yang relatif masih baik dan masih dicover garansi.

Dengan harga yang murah dan build quality, desain dan kenyamanan standar mobil Eropa, value for money KIA All New Rio menjadi sangat tinggi di mata para pemilik hatchback elegan ini. Sehingga kebanyakan mereka merasa sangat beruntung dan bangga memiliki ANR.


8. Garansi 5 Tahun


KIA dan Hyundai berani memberi garansi selama 5 tahun untuk konsumennya di Indonesia. Bahkan di Eropa, garansi yang diberikan adalah untuk 7 tahun. Itu menjadi nilai plus tersendiri dari mobil-mobil Korea, membuat pemiliknya yakin bahwa kualitas KIA Rio benar-benar terjamin.

Garansi tersebut bukan isapan jempol, banyak pemilik mobil-mobil KIA dan Hyundai merasa puas dengan bukti penggantian spare part yang bermasalah secara cuma-cuma. Walau kasus cacat produksi tidaklah banyak, namun pelayanan garansi yang memuaskan dari ATPM KIA-Hyundai di Indonesia diketahui secara massif oleh para pemilik mobil Korea Selatan ini.


Demikianlah rangkuman kami mengenai pendapat pimilik KIA All New Rio pada mobil kesayangannya, khususnya apa saja kelebihan Rio yang membuat mereka bangga. KIA Rio mewujudkan impian orang Indonesia untuk memiliki mobil mewah bercitarasa mobil Eropa dengan harga yang lebih murah dibanding hatchback Jepang.

Mungkin masih banyak alasan-alasan lain mengapa KIA All New Rio disukai oleh banyak orang di Indonesia. Namun yang kami garis bawahi, faktor yang paling dominan adalah desain eksterior menawan dan harganya yang terjangkau.

Jika sobat pembaca punya pendapat atau informasi lain mengenai mobil cantik ini, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

Salam Otomotif!

RECOMMENDED BY SPONSOR

The Author

Yayan Abdhi

Penggemar otomotif yang suka berbagi ulasan dan opini tentang dunia otomotif yang dinamis. I'm not an auto-expert, this blog is just driven by passion to share my enjoyment about sitting behind the steering wheel.