Beda Impresi Berkendara Eco On dan Eco Off pada KIA All New Picanto

January 10, 2017 0 Comments


CaruserMagz.com - KIA All New Picanto memiliki 2 pilihan mode berkendara yaitu Mode ECO ON dan ECO OFF. Keduanya punya tujuan yang berbeda, yaitu untuk menghemat bahan bakar pada ECO ON dan untuk berkendara dengan gesit pada mode ECO OFF.

KIA All New Picanto Indonesia 2016
KIA All New Picanto Indonesia 2016 - Foto by YA

Bagi pemilik KIA All New Picanto yang belum mengetahui apa perbedaan kedua mode berkendara tersebut, sebaiknya mencobanya dan merasakan apa saja perbedaannya.

Namun bagi sobat yang belum memiliki KIA Picanto, mungkin ulasan kami ini bisa jadi pertimbangan untuk membeli small hatchback cantik ini.

Ulasan ini kami tulis berdasarkan pengalaman mencoba kedua mode berkendara tersebut, bukan berdasarkan kajian ilmiah atau landasan teoritis.

Pertama kami mencoba mode ECO ON, yaitu mode berkendara yang mengutamakan kehematan bahan bakar. 

Pada KIA All New Picanto bertransmisi manual, berkendara dengan mode ECO ON akan ada petunjuk posisi gear transmisi pada layar MID. Mobil secara otomatis menyarankan pada pengemudi, posisi gigi transmisi yang seharusnya pada setiap kecepatan.

Sehingga didapatkan konsumsi bbm yang paling efisien jika pengemudi mengikuti saran dari sistem komputer tersebut. Karena tidak terjadi konsumsi bahan bakar yang tidak semestinya, seperti melaju dengan posisi gear tinggi pada kecepatan rendah dan sebaliknya.

Selain itu, impresi yang kami rasakan pada mode ECO ON ini adalah tarikan yang smooth atau tenaga yang terasa kurang responsif. Torsi juga terasa kurang greget, sehingga diperlukan lintasan yang cukup panjang untuk mencapai kecepatan tinggi.

Jadi mode berkendara ECO ON sangat cocok untuk sobat yang ingin menikmati berkendara dengan santai di jalan tol atau perjalanan jauh. Mode ini juga akan jauh lebih menghemat bbm dibanding mode ECO OFF, namun dengan syarat sobat mengikuti saran posisi gigi transmisi dari komputer.


Sedangkan pada mode ECO OFF, yang diutamakan adalah impresi berkendara yang sporty. Sehingga konsumsi bahan bakar tidak jadi hal yang diutamakan. Jika sobat perlu berkendara dengan cepat dan gesit, misalnya karena sudah mau telat berangkat ke kantor, mode ini lebih pas.

Tenaga terasa padat dan torsi KIA All New Picanto yang cukup besar (120 Nm) untuk ukuran small hatchback dengan mudah dicapai. Sehingga tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam, Picanto terasa sudah menombakkan dirinya dengan cukup instan.

Jika sobat merasa sering diremehkan pengendara mobil lain karena ukuran Picanto yang kecil, bolehlah sekali-kali menunjukkan kepada mereka seperti apa gesit dan garangnya small hatchback ini dengan mode ECO OFF, tapi jangan nekat ngajak balapan SUV sekelas Nissan Juke atau Honda HRV yah.

Pada mode ECO OFF, petunjuk posisi gear transmisi tidak akan muncul di layar MID, jadi terserah si pengemudi kapan mau memindahkan gigi saat memacu mobil ini. Yang pastinya Picanto adalah small hatchback, city car untuk berkendara sehari-hari, bukan untuk balapan.


Demikian ulasan singkat ini, semoga menambah pengetahuan para pemilik atau sobat yang berminat membeli KIA All New Picanto. Jika sobat punya pengalaman atau pertanyaan, silahkan disampaikan pada kolom komentar.

Salam Otomotif!

Claiming himself a 'car enthusiast', he started this blog by the end of 2015 as a blend of his passion to the automotive world and the excitement of writing that he just found a hobby.